Home arrow Skana


Kemiskinan Akibat Belenggu Budaya E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Sunday, 24 February 2013

Share this!

Yohannes WempiPersoalan masyarakat miskin di Sumatera Barat merupakan permasalahan yang sudah coba diselesaikan oleh pemerintah secara sistimatis. Dilihat dari data statistik telah banyak program-program yang direalisasikan untuk pengentasan masyarakat dari kemiskinan tersebut. Misal, pemerintah melalui perbankan memberi bantuan dana KUR (kredit usaha rakyat) kepada usaha kecil, bantuan simpan pinjam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) untuk masyarakat nagari, bantuan Program Pengembangan Usaha Agribisnis (PUAP) untuk para petani dari Kementrian Pertanian. Selain itu ada bantuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) untuk para nelayan, dan bantuan bibit dan alat-alat pertanian untuk masyarakat yang ke semua itu telah direaliasaikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Irwan Prayitno.

 
Rang Mudo Minangkabau Bebas Korupsi E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Sunday, 02 December 2012

Share this!

Yohannes WempiOleh:Yohanes wempi

Kasus korupsi di Indonesia sepertinya sudah berada pada kondisi kronis dan kritis. Korupsi tidak hanya terjadi di kalangan orang-orang yang sudah lama memegang kekuasaan saja. Bahkan, sampai kepada orang yang baru atau orang muda yang memegang kekuasaan.

 
Negerimu, Negeriku, Negeri Kita E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Sunday, 25 November 2012

Share this!

Oleh: Ascot amir
(Ketua Umum LSM Metafisika Indonesia)
WAHAI para penyelenggara negeri ini, wahai para wakil-wakil rakyat, wahai para pejabat, wahai para penegak hukum, wahai warga masyarakat di seluruh pelosok negeri ini, baik di kota-kota besar, maupun di kampung dan di desa.
 
Sea MAF 2012 Hadirkan Seminar Internasional, Gali Potensi, Pertegas Identitas Melayu E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Sunday, 11 November 2012

Share this!

�Rediscovery the treasure of Malay Culture�. Itulah tema yang diusung dalam pelaksanaan South East Asia Malay Art Festival (Sea MAF) 2012. Tema ini, selain tertuang lewat pertunjukan-pertunjukan dan pameran-pameran yang akan digelar, juga menjadi bahan bahasan utama dalam seminar internasional sebagai rangkaian acara inti.

 
Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Koperasi E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Monday, 13 August 2012

Share this!

"Jika setiap pengusaha muda yang disiapkan melalui pendidikan kewirausahaan selalu berpijak kepada pasal 33 UUD 1945, maka yang akan berkembang di Indonesia adalah pengusaha-pengusaha muda yang patuh dan taat pada prinsip koperasi sebagai usaha yang paling sesuai dengan pasal 33 UUD 45 dan bukan pengusaha kapitalis yang jelas-jelas sangat bertentangan dengan prinsip ekonomi demokrasi Pancasila”. UUD 1945 sepertinya sudah makin menipis untuk dijadikan  pedoman hidup berbangsa dan bernegara bagi sebahagian besar masyarakat Indonesia.