Home arrow Metro Sumbar arrow Solok arrow Sekolah Tak Boleh Lakukan Pungutan

Sekolah Tak Boleh Lakukan Pungutan E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Thursday, 20 June 2013

SUDIRMAN, METRO-Program sekolah gratis yang dicanangkan Pemko Solok pada 2013, mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), pihak sekolah tidak dibenarkan melakukan pemungutan dalam bentuk apapun kepada siswa. Dalam anggaran pendidikan yang telah ditetapkan dalam APBD Kota Solok tahun anggaran 2013, seluruh kebutuhan para siswa ditanggung pemerintah.

Anggota DPRD Kota Solok Sani Mariko mengatakan, berdasarkan kebutuhan anggaran yang diusulkan sekolah ketika melakukan pembahasan anggaran 2013 lalu. Semua kebutuhan tersebut ditanggung oleh dana APBD. Bahkan  kebutuhan siswa sekecil apa pun seperti keperluan photo copy dan biaya photo untuk ijazah juga dianggarkan dalam APBD.

Kalau semua kebutuhan siswa sudah ditanggung dalam APBD menurutnya, pihak sekolah tidak lagi dibenarkan melakukan pemungutan biaya apapun kepada siswa. Namun, secara teknis pelaksanaanya merupakan kewenangan dinas terkait Dinas Pendidikan.

“Kita memang meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi program sekolah gratis ini agar tidak ada lagi pungutan dari pihak sekolah kepada siswanya tanpa dasar aturan yang jelas,” tegas Sani Mariko.

Sejauh ini lanjut Sani Mariko memang belum ada laporan dari masyarakat secara resmi apakah masih ada pungutan dari pihak sekolah maupun Komite sekolah terhadap siswanya. Bahkan, dalam kunjungan mendadak ke sejumlah sekolah terhadap program sekolah gratis ini memang belum ditemukan adanya pungutan dengan dalih apapun kepada siswa.

Dan Sani Mariko menegaskan, pemko melalui dinas terkait juga dapat melakukan pengawasan terhadap program wajib belajar dua belas tahun ini. Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Rafatli ketika dihubungi terkait program sekolah gratis ini sedang berada di luar kota. Rafatli pun tidak bisa menjelaskan apakah dalam penerimaan siswa baru ini pihak sekolah diperbolehkan melakukan pungutan kepada siswa baru. (vko)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >