Home arrow Metro Sumbar arrow Bukittinggi arrow Harus Bangga Punya Rumah Gadang

Harus Bangga Punya Rumah Gadang E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Friday, 21 June 2013

GAREGEH, METRO-Generasi muda masyarakat Minang harus bangga menjadi orang minang, dan mesti bangga dengan rumah gadang. Betapa tidak proklamator kemerdekaan Indonesia banyak lahir dari tokoh-tokoh minang, sebut saja Bung Hatta, Sutan Syahril, dan Muhammad Yamin. Memang orang  Minang hebat menjadi diplomasi, sebab tradisi masyarakat minang bebas berpendapat, berbicara, mengkritik dan berkumpul.

“Ini merupakan visi dan misi Propinsi Sumatera Barat, yaitu melestarikan budaya minang termasuk rumah gadang. Kita akui banyak anak-anak minang berkiprah dipentas nasional sejak dulu kalanya, sebut Bung Hatta, M. Yamin, Syahrir, dan tokoh lainnya. Saat ini saja yang duduk di DPR RI hampir 70 orang merupakan orang minang, dan banyak lagi menguasi lembga, penting di tingkat nasional,” ungkap Gubernur Sumatera Barat, Prof H  Irwan Prayitno, Jumat (21/6) kemarin dalam Peresmian Rumah Gadang Hajah Ainil Mardiah Gazali, Suku Simabua Daujuang Garegeh Koto Selayan, Kota Bukittinggi, di hadapan Jenderal Purnawirawan Joko Santoso, Mayjen TNI H M Fuad Basa Dt. Bagindo Ali,  Marsekal Muda Masdar Said St Sati, Brigadir Jendral TNI Sudarmin Sudar, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wali Kota Bukittinggi, Ismet Amzis, dan niniak mamak, alim ulama cadiak pandai.

Hal senada juga dikatakan, Mayjen TNI H. M Fuad Basa Dt. Bagindo Ali, bahwa generasi muda minang harus bangga menjadi anak minang. “Kita harus bangga menjadi orang minang, dan simbol rumah gadang. Kemudian kita juga harus ingat bahwa perjuangan masyarakat minang melawan penjajahan, bahkan sampai Bukittinggi menjadi ibu kota negara, “ ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggi, H. Ismet Amzis, dalam penyampaianya menyebutkan bahwa apa yang disampaikan Fuad Basa, memang benar bahwa perjuangan orang minang memang besar kiprahnya ditingkat nasional. “Perjuangan DPRI itu pusatnya di Bukittinggi, sehingga Triarga itu pusatnya, dan Kubu, Garegeh itu jadi tempat menyusun strategisnya sehingga ada Jalan PDRI, kalau masyarakat mendukung kita perjuangkan monumen PDRI itu,” ungkapnya. Ismet Amzis, secara langsung menggunting pita tanda diresmikannya rumah gadang Hajah Ainil Mardiah Gazali, Suku Simabua Daujuang. (r)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >