Home arrow Metro Sumbar arrow Payakumbuh/50 Kota arrow BLSM Belum Membantu Warga Miskin

BLSM Belum Membantu Warga Miskin E-mail
Ditulis Oleh Redaksi   
Friday, 21 June 2013

PAYAKUMBUH, METRO-Anggota Komisi “C” DPRD Kota Payakumbuh Aribus Madri mengatakan, program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebagai konvensasi kenaikan BBM, belum membantu masyarakat dengan tingginya kebutuhan masyarakat.

“BLSM tidak membantu kebutuhan rakyat  yang termasuk KK miskin, karena dengan naiknya harga BBM akan membuat masyarakat kewalahan, dengan tingginya kebutuhan masyarakat. Sebab naiknya harga BBM secara tidak langsung membawah dampak naiknya harga barang,” ujar Aribus Madri, Jumat (21/6).

Dikatakan, apalagi naiknya BBM akan direalisasikan dalam waktu dekat ini. Itu akan membuat kesulitan  warga karena saat ini selain ditahun ajaran baru juga mau masuk bulan Ramadhanh. Artinya dua momen kenaikan BBM menjadi sasaran empuk bagi para pedagang untuk meraih keuntungan besar.

Dan secara tidak langsung ini juga akan menambah angka kemiskinan baik nasional maupun daerah khususnya Kota Payakumbuh. Secara teknis  sebetulnya dari pengalaman peluncuran dana BLT pada beberapa tahun lalu ini juga tidak membantu dengan kondisi jumlah bantuan tersebut senilai Rp150 ribu perbulan. “Hal itu tidak membantu sama sekali dengan kenaikan harga bahan pokok yang ikut naik,” tambah Aribus Madri.

Sebelum,  diumumkanya kenaikan BBM, PDIP  baik dari pimpin pusat hingga ke daerah termasuk Kota Payakumbuh menolak terhadap kenaikan harga BBM. Karena ini bukan solusi yang diberikan tapi malah akan mendatangkan masalah baru di tengah-tengah masyarakat.

Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wilman Singkuan menuturkan, apabila dana BLSM akan digulirkan,  untuk pencairannya nanti, DPRD akan mencoba melalui sistem yang dianjurkan pemerintah pusat melalui  kelurahan-kelurahan  benar-benar mencapai sasar dengan kategori bantuan itu KK miskin. “Untuk itu kami akan  melakukan pengawasan agar bantun itu mencapai target dan tepat sasaran,” ujar Wilman.

Di lain pihak Lurahan Sei Durian Kecamatan Latina Syahrel menyebutkan, berdasarkan data Raskin dari BPS Kota Payakumbuh KK miskin di Sei Durian berjumlah lebih kurang 176 KK dan total jumlah KK keseluruhan berkisar 547 KK, dengan jumlah penduduk lebih kurang 2212 orang.

Menurut Syahrel, terkait dengan teknis pembagian dana BLSM yang akan digulirkan pemerintah pusat, lurah akan mengikuti sistem yang sudah diatur pusat. Berdasarkan pengalaman pembagian dana BLT pada tahun lalu,  belum ada masyarakat yang komplain. (cr15)

 

Add comment

Aturan Main:
Seluruh layanan yang diberikan mengikuti aturan main yang berlaku dan ditetapkan oleh posmetropadang.com


Pasal Sanggahan (Disclaimer):
posmetropadang.com tidak bertanggung-jawab atas tidak tersampaikannya data/informasi yang disampaikan oleh pembaca melalui berbagai jenis saluran komunikasi (e-mail, sms, online form) karena faktor kesalahan teknis yang tidak diduga-duga sebelumnya posmetropadang.com berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca. Data dan/atau informasi yang tersedia di posmetropadang.com hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun transaksi lainnya. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, posmetropadang.com dan semua mitra yang menyediakan data dan informasi, termasuk para pengelola halaman konsultasi, tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan posmetropadang.com


Security code
Refresh

< Sebelumnya   Berikutnya >